Laman

Senin, 14 Maret 2011

selama di camp sekatak, sekatak buji kabupaten bulungan, kaltim. PT intracawood MFG



jadi, disana, kami melakukan praktek di bidang perencanaan (penataan area kerja, ITSP (invent, tegakan sebelum penebangan), dan cruising jalan, serta pengumpulan data2 untuk coba2 bikin peta sendiri dari kerja tadi,,hasilnya ok lah..bagooossss..oya, lokasinya di belakang camp persemaian sei lian KM 14 PT intraca, tempat yang menarik dan sejuk..
selanjutnya, kami ke KM 82, perjalanan 2jam lebih sedikit, perjalanan menuju sana ajaib banget, pohon2 setinggi puluhan dan belasan meter ada di bawah, kadang tertutup awan, berasa terbang..tempatnya sendiri (camp) juga ajaib, panas disiang hari (secara dekat RKT terdekat) dan dinginnya membuat menggigil di malam hari, terutama karena faktor ketinggian..brrrr..

disana kami meliat kegiatan produksi, seperti pemukaan area jalan, pilotting, lokasi penebangan dan penyaradan, pengukuran, serta holling, sayangnya, pengangkutan atau holling ga sempet diliat secara langsung karena beberapa faktor, antara lain (yaelah kayak laporan pake antara lain) karena cuaca yang kurang mendukung dan forwarder mogok saat kami dateng,,jadi agak berasa ada yg kurang tapi gapapa, yang laen cukup bikin puas..

selanjutnya kembali ke camp sekatak (sera), kegiatannya tata usaha kayu dan log pond (pengangkutan dan surat-menyurat, pak pos kaleee), naek ketinting dari camp ke log pond selanyut. oya, fyi, ketinting adalah perahu kecil yang pake mesin dibelakangnya, jadi cepet jalannya, berhubung ada gue dan baba, perahunya jadi agak berat,hahaha..untung ga tenggelam..

beresnya, kembali ke KM 14 persemaian (sei lian), disana ada kegiatan mengenai silvikultur intensif (silint) atau istilah kerennya TPTJ, tebang pilih tanam jalur, untuk blok tebangan yang ada kegiatan penanaman di dalamnya, kegiatannya antara lain pengukuran kembali area kerja, semacam penataan arean kerja tapi tidak sespesifik itu, lalu ada pemilihan jalur tanam, pembersihan area secara manual dan semi mekanis, lalu penanaman dan pemeliharaan tanaman, penanaman sendiri baru dimulai tahun 2008, jadi puun2na belom 3 tahun umurnya..

kembali ke camp sekatak lagi, kegiatannya kelola sosial, yaitu mengetahui hubungan sosial perusahaan dengan masyarakat sekitar HPH perusahaan, warlok (warga lokal) nya berhubung di kalimantan, ya orang dayak, masa bugis (krik krik..iftor lucu dah), cukup kompleks juga bentuknya,,ribet kalo diceritain disini,,tar aja laporannya gue aplod di blok,haha..

total kegiatan sekitar 13 hari, tambah libur hari raya nyepi jadi 14 hari, diselingi dengan makan2an enak dan sosialisasi dengan warga dan orang-orang camp, serta maen kartu,,lumayan seru meskipun kadang berasa capek dan jenuh, tapi teteup semangat!!!

sekarang waktunya menikmati kegiatan di industri, 1,5 bulan jeeeeeuuungg,,semoga ga bosen dah..

WishMeLuck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar